Copywriter, Apa Itu ?

Copywriter, Apa Itu ?

Apa itu copywriter ? .

Copywriter adalah salah satu profesi yang bekerja mencari nafkah dengan cara menulis. berbeda dengan penulis ataupun Content Writer, Copywriter menulis dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa sehingga pembaca terdorong untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditulis copywriter tersebut.

Kalian pasti tau slogan teh botol sosro, “Apapun makanannya minumnya teh botol sosro”. Setiap kalian sudah kenyang makan di pinggir jalan pasti kalian sempet kepikiran buat minum sosro, enggak ? jangan bohong. Nah, itu adalah salah satu contoh tulisan yang dibuat oleh copywriter.

Copywriting di sosial media, Sumber : writepreneur

Di atas adalah contoh copywriting yang dapat kalian temukan di facebook, setelah kalian membacanya pasti jadi tertarik untuk bergabung juga kan ? jangan.

Tapi Copywriter tak selalu soal tulisan, mungkin kalian baru tau apa itu Copywriter, tapi nyatanya kalian telah melihat hasil tulisan Copywriter di mana-mana, di facebook, youtube, instagram, radio, televisi dan sebagainya.

Tapi sepenting apasih profesi Copywriter itu ?

Coba liat skenario ini,
Kalian ingin menjual sebuah produk, kalian tulis deskripsinya dengan jelas, spesifikasi dan kelebihan beserta harganya.

Lalu ketika kalian menjual produk tersebut, apa yang terjadi ? Gak laku !

Sementara itu, teman kalian menjual hal yang sama, harganya, spesifikasinya, kegunaanya, semuanya sama. Bedanya apa ? ternyata laku keras !

Kok gitu ?

Nah, disinilah skill copywriting bersinar. Dengan menjadi copywriter kalian bisa menarik minat pembeli untuk membeli produk kalian. Yang awalnya hanya beberapa saja produk yang terjual, dengan kemampuan copywriting ini kalian bisa meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat, luar biasa bukan ?.

Kalian tak harus menjadi pengusaha untuk menjadi copywriter, kalian dapat bekerja sebagai freelance lalu menjual tulisan kalian, bekerja di agensi iklan ataupun bekerja pada perusahaan yang membutuhkan jasa periklanan. Tulisan yang dibuat oleh seorang Copywriter memiliki harga yang cukup tinggi karena membantu meningkatkan penjualan dari perusahaan tersebut.

Bagaimana menjadi seorang copywriter ?

Copywriting adalah tentang kreatifitas, kalian harus bisa mengkombinasikan daya tarik visual dan tulisan dengan berfikir diluar kotak. Memperkirakan apa yang diinginkan pembaca dan mendorongnya untuk mencoba produk kalian.

Jika kalian orang yang kreatif, suka menulis ataupun ingin menjadi pengusaha, maka skill seorang copywriter merupakan pilihan yang tepat untuk kalian pelajari.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*