Mengenal Bendera Islam

Mengenal Bendera Islam

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,

postingan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan tentang suatu hal yang menjadi viral di sosial media serta media masa belakangan ini yaitu tentang pembakaran bendera bertulisksn ‘Laa ilaha Ilallah, Muhammadar rasulullah’ yang terjadi Di kawasan Garut Jawa Barat.

ada yang mengatakan bahwa perbuatan mereka tersebut didasarkan pada pendapat bahwa bendera yang dibakar bukan merupakan bendera islam melainkan bendera organisasi yang terlarang di negara ini. pro dan kontra mulai muncul dan akhirnya pemerintah turun tangan dalam kejadian ini.

walaupun demikian nampaknya penyelesaian pemerintah dirasa tidak cukup memuaskan kaum muslim yang terluka hatinya karena perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

usut punya usut ternyata perbuatan mereka didasari pada ketidak tahuan atau kurangnya ilmu mengenai bendera islam yang sebenarnya. padahal sekarang kan jamannya internet serba canggih dan tentunya setiap orang hampir memiliki media sosial dimana kita dapat mendapatkan penjelasan mengenai hal hal semacam ini.

 

Dalam Musnad Imam Ahmad dan Tirmidzi melalui jalur ibnu Abbas :

“Rasulullah Saw telah menyerahkan kepada Ali sebuah panji berwarna putih, yang ukurannya sehasta kali sehasta. Pada liwa (bendera) dan rayah (panji-panji perang) terdapat tulisan ‘Laa illaaha illa Allah, Muhammad Rasulullah’. Pada liwa yang berwarna dasar putih, tulisan itu berwarna hitam. Sedangkan pada rayah yang berwarna dasar hitam, tulisannya berwarna putih.”.

Dari hadits tersebut ulama berpendapat bahwa Bendera Rasulullah adalah :

  1. Tertuliskan kalimat ‘Laa ilaha Ilallah, Muhammadar rasulullah’
  2. warna tulisan putih/ hitam
  3. latar belakang berwarna putih/hitam

 

dan jika kita sempat mengecek video yang marak di media masa jelas bahwa bendera yang dibakar memenuhi kriteria tersebut. memang dasar bendera hanya kain biasa namun bendera adalah identitas kehormatan yang dituliskannya. bendera merah putih misalnya merupakan kehormatan bangsa indonesia jati diri bangsa yang selayaknya harus kita jaga. bagaimanakah perasaan kita apabila bendera kita tercinta diperlakukan sama.

terkait hal ini tentunya kita harus cerdas dalam mengambil keputusan dan tidak terdorong opini publik yang ingin mengadu domba persatuan umat islam yang sudah terbina dengan baik belakangan ini. dan kita berharap bahwa pemerintah dapat berlaku adil terhadap pelaku pembakaran dengan menghukum seadil adilnya. karena hal ini sangat berdampak terhadap persatuan negara.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*