Pillar Of Creation, Monumen Indah Di Angkasa Yang Tak Eksis Lagi.

Pillar Of Creation, Monumen Indah Di Angkasa Yang Tak Eksis Lagi.

 

Pillar of Creation, monumen indah yang menghiasi angkasa, sebuah pilar setinggi 4 tahun cahaya yang terletak di Eagle Nebula, 7000 tahun cahaya dari bumi.  Keindahan dan keajaibanya menjadikannya sebagai foto paling ikonik yang pernah diambil oleh teleskop Hubble sejak tahun 1994.

Beberapa tahun lalu, para astronom dari NASA telah merilis versi yang lebih besar, jelas dan tajam dari gambar ini, hampir dua dekade dari foto yang pertama, mengingkatkan kembali akan indahnya dan besarnya alam semesta ini. Tapi hanya satu masalahnya, pilar ini tak lagi eksis, mereka sudah hancur lebih dari ratusan tahun yang lalu.

Keterbatasan pemahaman kita akan ruang dan waktu membuat kita melihat objek angkasa bagaikan melihat gunung dan lautan, bahwa mereka merupakan objek tetap yang dapat kita pandang selamanya secara realtime. Tapi dalam skala kosmik, semuanya berbeda, segalanya bergerak secara konstan. Arsitektur dari alam semesta selalu berubah dan ilmuwan tau—sejak 2007, hanya beberapa tahun sejak ditemukan, struktur kosmik megah ini sudah tak eksis lagi.

Pillar Of Creation

Mereka telah hancur, terkena imbas dari ledakan supernova yang terjadi 6000 tahun lalu. Dengan teleskop, kita dapat melihat sebuah supernova yang terus bergerak, tak dapat dihentikan, menghancurkan apapun yang disentuhnya. Dari bumi, gelombang ledakanya belum masih mencapai pilar itu. Bagi kita, pilar itu masih utuh disana.

Dalam seribu tahun, akan ada sebuah kejadian menakjubkan. Efek gelombang ledakan akan tiba dan, sama seperti mereka dibuat, mereka juga akan hancur, dilenyapkan oleh kekuatan bintang yang telah mati. Sebuah kejadian yang sebenarnya sudah terjadi ratusan tahun lalu.

sumber terkait : sploid.gizmodo.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*