SAY NO TO GOLPUT!

SAY NO TO GOLPUT!

 

“Say NO to GOLPUT!”

Menjadi puncak acara dari pesta demokrasi tahun ini, kegiatan belajar mengajar (KBM) masih berjalan seperti biasa, namun sejak pukul 5 pagi semua panitia sudah memulai briefing acara mulai dari pengecekan properti pencoblosan, kehadiran kandidat hingga jumlah kotak suara dan daftar absen siswa dan guru yang akan ikut menjadi partisipan memberikan suara mereka.

Meski sudah sejak pagi buta disiapkan tetapi masih ada beberapa kendala dan kesulitan yang dialami oleh panitia terutama dibidang logistik dan humas yang bertanggung jawab dengan tersedianya kotak suara dan kertas suara, hingga pukul 7.00 kertas suara baru tersedia dan segera dieksekusi untuk pemcobloson meski agak memakan waktu untuk melipat dan memotong kertas suara hingga seperti yang diinginkan. Lalu ketersediaan kotak suara yang sebelumnya memang harus selesai sehari sebelumnya belum juga selsai dikerjakan oleh panitia bidang logistik terpaksa dieksekusi bersama pada pagi itu juga. Baru sekitar pukul 8.15 WIB pengerjaan seluruh properti pendukung selesai.

“hampir saja kami kecolongan meski agak ngaret dari aktu tapi syukur Alhamdulillah semuanya sudah 90% selesai” ungkap salah seorang panitia. Jumat(11/11)

Untuk daftar para pencoblos sendiripun sebenarnya sedikit mengalami kendala karna belum tersedia hardcopy nya namu itu semua bisa dihandle dengan baik sebelum detik detik pencobloson berlangsung. Untuk kendala yang dihadapi, panitia terlihat terlalu tenang dalam bertindak dan tidak terlalu memperlihatkan ketakutan mereka pada acara meskipun ini menjadi pertama kalinya untuk mereka. Seperti halnya ketika panitia kekurangan kotak suara semuanya dilakukan dengan stenang mungki agar hasilnya maksimal. Dengan penuh rasa bertanggung jawab dan kerjasama mereka melakukannya bersama sama, walaupun masih terbilang baru dan dengan sedikit alasan yang membuat mereka bersatu tapi mereka terlihat bisa profesional, semoga dengan hal ini bisa membantu memupuk kekompakkan mereka.

cimg4882    cimg4886

Saya rasa masih bisa dimaklumi karna keterbataan yang dimiliki oleh panitia karena mereka yang masih awam dalam organisasi namun juga tidak bisa dii pisahkan pula dengan keprofesionalitasan mereka yang patut diacungi jempol karna berani mengambil risiko dan menghandle semua kegiatan yang berlangsung tiga hari penuh tersebut. Meskipun kegiata KBM masih tetap berjalan seperti biasa tetapi eksistensi  acara puncak demokrasi bagi seluruh warga sekolah yang belangsung satu tahu sekali ini. Dengan mekanisme yang begitu disiplin acara bisa berlangsung dengan begitu tertib, dimulai dari kelas sepuluh yang bersal dari jurusan masing masing lalu dilanjut oleh kaka kelas sebelas dan diteruskan oleh kaka tertua, kelas dua belas. Pada awalnya memang sedikit terkendala karna durasi waktu yang harus dilakukan dengan cepat selain hari yang semakin siang, juga dikarenakan mata pelajaran produktif yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja.
Terutama bagi kaka kelas dua belas RPL yang hari itu bertepatan dengan adanya ujian praktikum pelajaran produktif jurusan, Maka dengan itu para panitia memillih untuk mengutamakan kegiatan KBM dan mengalihkan sementara waktu pada hak suara dewan guru. Meski harus mendapat no terakhir tapi akhirnya kaka kelas dua belaspun turut ikut serta memberikan hak suaranya ditahun terakhir mereka. Pengurus OSIS lamapun tidak luput dari perhatian kami terutama ketua OSIS tahun lalu yang akan segera lulus tahun ini pun ikut dalam memberikan hak suaranya.

Sementara para pemilik hak suara memberikan suaranya ada yang terlihat menarik lagi yaitu, 8 Orang Kandidat yang akan dipilih diharuskan hadir ditengah tengah acara, tepatnya diharuskan menunggu sambil melihat berlangsungnya proses pencoblosan sebelum akhirnya mereka juga memberikan hak suaranya, Nah yang menarik adalah mereka yang disengajakan untuk berjejr rapi duduk ditengah tengah lapangan, bermandikan terk matahari mulai dari sejak pagi hingga berakhirnya acara, menurut panitia ii dimaksudkan agar pencoblos bisa melihat langsug kadidat yang mereka pilih

“Kasihan sih sebenarnya harus panas panasan begitu, tapi dibuat seru aja lah kan sebentar lagi bakal naik jabatan hehe” ungkap salah seorang anggota panitia pagi itu dengan guyonan. Jumat(11/11)

“kesal sih, masa kita dijemur begini? Tapi mu gimana lagi ini semua juga berkat tangan-tangan jail anak buahnya bang Mustova, tapi over all enjoy aja lah“ tutur salah seorang kandidat yang kami tanyai mengeluarkan unek uneknya dengan rekan rekan panitia.Walaupun tidak menampik kekesalan  tetapi tetap bekerja profesional. Semoga mereka bisa selalu menjunjung keprofesionalitasannya diatas segalanya. Ada juga yang mengeluhkan soal cuaca yang begitu panas tapi tetap melaksanakn event ditengah lapangan, beberapa siswi mengeluhkan soal ini, karena cuaca mereka harus segera cepat cepat tapi antrian tidak bisa ditoleransi.

cimg4978      cimg4979     cimg4957

Bukan hanya para siswa dan dewan guru, Panitiapun memeiliki hak suara mereka, begitupun dengan kandidat, Jadi setelah menyelesaikan kloter terakhir yaitu kaka kelas dua belas kini giliran satu persatu panitia memeberikan hak suara meeka, meskipun rasa lelah setelah hampir seharian melakukan serangkaian kegiatan mereka tetap begitu antusias memerikan suara mereka. Sebelum setelah itu acara bisa diakhiri dengan briefing acara, untuk keesokkan harinya  yang direncanakan akan diselenggrakan sidang LPJ pengurus OSIS masa hikmt 2015-2016.

20161111_092114   20161111_093037

 

Agenda yang direncanakan sehari setelah Pemilihan adalah sidang Laporan Pertanggung Jawaban atau lebih singkatnya LPJ. Sidang ini akan membahas mengenai pertanggung jawaban para pengurus OSIS lama  dengan hakim sidang atau Presidium dari 3  orang MPK  yang berasal dari kelas 12 sidang berlangsung mulai pukul 9.00 sampai 13.00 diruang aula SMK Fatahillah cileungsi dan perwakilan dari sejumlah fraksi dari masing masing jurusan kelas 10 hingga kelas 12 sidang dimulai dengan ketentuan sidang lalu dilanjutkan oleh ketua OSIS lama, untuk membacakan program kerja dan vis misi selama hampir setahun menjabat agenda yang direncanakan sehari setelah Pemilihan adalah sidang Laporan Pertanggung Jawaban atau lebih singkatnya LPJ.

Sidang ini akan membahas mengenai pertanggung jawaban para pengurus OSIS lama  dengan hakim sidang atau Presidium dari 3  orang MPK  yang berasal dari kelas 12 sidang berlangsung mulai pukul 9.00 sampai 13.00 diruang aula SMK Fatahillah cileungsi dan perwakilan dari sejumlah fraksi dari masing masing jurusan kelas 10 hingga kelas 12 sidang dimulai dengan ketentuan sidang lalu dilanjutkan oleh ketua OSIS lama, untuk membacakan program kerja dan visi misi selama hampir setahun menjabat, apa saja progja yang sudah mereka laksanakan maupun yang belum terlaksana. Sidang berlangsung tertutup dan penuh hikmat  disini  panitia acara juga bergabung menjadi fraksi  perwakilan OSIS baru. Acara dilanjut dengan masing masing sekbid yang juga membacakan progja mereka selama satu tahun mulai dari yang terlaksana maupun belum terlaksana, Sekbid atau seksi bidang yang ada yaitu sekbid kerohanian, Kewirausahaan,Jasmani, dan Bela Negara.

cimg5347

Sempat memanas dengan pernyataan dari MPK yang menanyakan tentang ketidak terlaksanaan progja
namun setelah itu semuanya kembali menjadi tenang setelah ketua OSIS dan masing masing sekbid berhasil menjelaskan alasan mereka.
Meskipun sidang berlangsung tertutup tapi suasana sidang cukup hidup. Beberapa kali ada yang mengajukan PK atau Peninjauan Ulang kepada presidium juga beberapa kali dari masing masing fraksi yang hadir ikut memberikan pendapat ketika presidum memeberikan kewenangan atau bertanya kepada fraksi.

cimg5313            cimg5442

 

 

//Dikutip dari www.fatahillah.or.id/

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*