SEMINAR IT: Belajar Membuat Aplikasi Game Android Berbasis HTML 5 dengan Game Engine Construct

SEMINAR IT: Belajar Membuat Aplikasi Game Android Berbasis HTML 5 dengan Game Engine Construct

Seminar IT yang bertakjub A2DIT –Ada Apa di Dunia IT mengundang beberapa lembaga pendukung diantaranya dari Universitas LP3I, Daun Biru Enginering dan Software 89 sebagai pembicara materi.

Eksekusi acara dimulai dengan memperkenalkan berbagai jurusan yang kami miliki khususnya Rekayasa Perangkat Lunak atau lebih akrabnya kita menyebutnya RPL.

Pembicara sekaligus pengisi materi utama yang khusus disampaikan oleh IT Developer SMK Fatahillah; Bapak Asep Cahya Nugraha S.T.

Materi khusus yang disampaikan yaitu Membuat Applikasi Game Android Berasia HTML dengan Game Engine Construct  bekerja sama dengan  salah satu siswa berbakat yang dimiliki oleh SMK Fatahillah sendiri, Hernando Gio Palma dari XII RPL.

AYAH

Bapak Asep Cahya ini lah yang mempelopori diadakannya suatu seminar IT yang diselenggarakan oleh OSIS SMK Fatahillah sekaligus menjabat sebagai Pembina OSIS.

Materi yang diberikan seputar bagaimana cara membuat suatu Aplikasi game yang mudah dan bisa dipelajari lebih lanjut sendiri dengan Construct 2  juga Game Android dengan aplikasi sejenis XDK yang bisa diinstal pada PC.

AYAH 3

Dengan memberikan beberapa contoh project game yang selama 3 bulan terakhir digarap  bersama Hernando Gio bapak Asep Cahya. Dengan penyampaian yang mudah dimengerti oleh orang awam yang sebelumnya sama sekali tidak mengenal dunia IT khususnya Pemograman peserta menjadi lebih terbantu.

Dengan menggunakan Aplikasi Game Engine Construct membuat kita yang masih awam dalam dunia pembuatan game bisa mengenal cara mudah dan praktis jika kita ingin membuat suatu game made in own. Buatan kita sendiri, dengan menggunakan Construct 2 yang sudah memiliki free license memungkinkan kita untuk bisa mengimport game kedalam play strore dengan nama kita.

Memanfaatkan Engine Construct  pembuat game tidak perlu mempelajari begitu banyak bahasa pemograman yang cukup rumit terutama bagi gamers yang awam dengan coding dan segala atribut rumitnya tetapi ingin membuat suatu game sendiri.

Tentunya game yang dihasilkan pun cukup sederhana dan tidak serumit game-game yang sederet dengan XBox. Game sekelas Flappy Bird bisa dengan mudah dibuat disini.

Jika ingin membuat game yang lebih berat dengan basis 3D dan animasi didalamnya bisa menggunakan aplikasi pembuat game Unity.

Unity adalah salah satu game engine yang banyak digunakan. Dengan software ini, anda dapat membuat game anda sendiri dengan lebih mudah dan cepat. Unity mensuport pembuatan game dalam berbagai platform, misal Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii.

Tapi tentunya tidak mudah untuk membuat game dengan aplikasi ini sedikit susah untuk mengerti cara menggunakan game enggine unity. Ungkap Hernando Gio sebagai junior programer yang berhasil membuat dan memodifikasi game dengan mengunakan aplikasi engine Unity 3D.

AYAH2

Nando -sebutan akrab Hernando Gio, mengatakan bahwa tetap ada kesulitan tersediri ketika membuat sebuah game dengan aplikasi ini. Membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk mempelajari dan memodifikasi game 3D yang dinamai dengan Box Of Free.

MyGameScreenShot

Bagaimana dengan orang awam seperti kita yang masih baru dalam dunia program dan coding ya?? Mungkin membutuhkan waktu yang berbulan-bulan hehe.

tdt3d_unity_logo

Materi yang disampaikan oleh Software 89 dan Universitas LP3I juga tidak kalah menariknya karna masih juga berhubungan dengan dunia IT pastinya. Diantaranya ada Materi mengenai peluang kerja didunia IT dan ulasan menarik Design 2D dengan menggunakan Corel Draw.

 

Dengan diadakannya Seminar IT ini juga sebagai media untuk mempelopori terbentuknya sebuah komunitas IT se-Cileungsi Jonggol. Komunitas ini nantinya akan menjadi wadah untuk saling sharing dan mencari ilmu. Anggota yang masuk tentunya tidak dibatasi oleh umur maupun tingkatan mulai dari kelas 8 SMP sampai Mahasiswa pun bisa dengan mudah masuk kedalam komunitas ini dengan syarat mempunyai keinginan dan minat belajar yang tinggi dalam dunia IT.

Dari peserta seminar sendiri bisa langsung mednaftarkan diri mereka kepada Anggota OSIS yang bertugas tanpa dipungut biaya registrasi. Bagi kalian-kalian diluar sana yang mempunyai minat yang tinggi di Dunia IT dan ingin bergabung dalam komunitas ini bisa langsung menghubungi Admin disini ya www.fatahillah.or.id

… atau yang ingin langsung datang ke Kampus SMK Fatahillah Cileungsi,

Kp. Tengah RT. 06/03 Ds. Cipeucang- Kec. Cileungsi, Kab. Bogor 16820 Jawa Barat.

email: smkfatahillah.cileungsi@gmail.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*