SMK Fatahillah Cileungsi: MPLS Bukan Lagi Sebagai Moment Senioritas.

SMK Fatahillah Cileungsi: MPLS Bukan Lagi Sebagai Moment Senioritas.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) atau yang selama ini lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) oleh masyarakat luas, selama ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. MPLS/MOS biasanya diadakan oleh sekolah menengah pertama (SMP/MTs) dan menengah atas (SMA/SMK/MA) sebagai sarana untuk mengenalkan lingkungan sekolah yang baru kepada siswa siswi barunya, namun selama ini kegiatan tersebut disalah artikan dengan melakukan serangkaian kegiatan yang kurang positif. Pendekatan- pendekatan yang dilakukan oleh para kakak kelas selama ini dianggap kurang wajar dan tidak masuk akal dengan menyuruh mereka membawa barang-barang tertentu, makanan dengan merek tertentu, memakai atribut seperti pasien jiwa, bahkan melakukan kegiatan yang dianggap kekerasan fisik  oleh kakak kelas  bahkan tidak jarang hal ini banyak memakan korban jiwa.

Hal ini mengakibatkan pandangan masyarakat terhadap kegiatan ini menjadi kegiatan yang ‘horror’ selain itu kegitan ini juga tidak jarang menimbulkan kenangan traumatis pada psikologis siswa, membuat para orang tua khawatir dan merasa parnoid terhadap kegiatan yang sebenarnya bertujuan baik  untuk siswa sebagai sarana pengenalan lingkungan sekolah. Namun tiak perlu khawatir lagi tentang hal ini bagi para orang tua yang anak-anaknya sedang dalam masa masa MOS begitupula dengan para adik-adik kelas yang akan memasuki jenjang ynag lebih tinggi lagi, karna sekarang sudah ada peraturan yang dibuat oleh pemerintah lewat kemendikbud yaitu  permendikbud nomor (no) 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah.  Didalamnya mengatur segala tektek bengek Mos, mulai dari pelaksanaan sampai yang boleh dan tidak boleh yang dilakukan dalam pelaksanaan. Dengan adanya peraturan ini  pula MOS (Masa Orientasi Siswa) di tiadakan dan diganti dengan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang membawa citra lebih positive dikarenakan berbagai peraturan yang mengatur didalamnya.

Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru tahun 2017/2018 SMK Fatahillah Cileungsi juga ikut menyelenggarakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang diselenggarakan mulai tanggal 17 juli 2017 sampai dengan 19 juli 2017 yang akan dilanjutkan 3 hari selanjutnya untuk kegiatan MPO pramuka, yang merupakan ekskul wajib. Kegiatan yang dilakukan pun sangat positive, tidak ada yang namanya senioritas dan bullying. Seluruh siswa/i diperlakukan dengan sangat baik sebagai ‘tamu kehormatan’. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 05.30 pagi sampai pukul 15.00 WIB. Kesuksesan acara tidak lepas dari kerjasama para kakak OSIS, para guru dan siswa/i baru yang bisa ikut tertib dan saling mendukung dalam kesuksesan acara.

Disekolah kami juga menyelenggarakan MPLS sesuai dengan anjuran dari surat edaran peraturan kemendikbud, tidak ada kekerasan, ataupun perintah dari  kakak kelas untuk membuat atribut aneh yang tidak wajar ataupun membawa barang-barang dan makanan tertentu yang sulit dicari. Hari kedua dan ketiga MPLS pun begitu kondusif meskipun ada beberapa siswa yang kurang tertib, dihari ketiga pelaksanaan kegiatan para siswa baru diperkenalkan dengan beberapa ekstrakulikuler yang ada di SMK Fatahillah, diantranya ada Karate, Pencak Silat, Taekwondo, Paskibra, Paduan Suara, Nasyid, Futsal, Pramuka dan Marching Band. Para siswa terlihat begitu antusias, kegiatan ini selain bertujuan untuk memperkenalkan ekstrakulikuler yang SMK Fatahillah Cileungsi miliki, juga bertujuan agar para siswa nantinya bisa mengikuti kegiatan ekskul sebagai kegiatan positive diluar jam pelajaran, hal ini juga bertujuan agar siswa/i bisa berkontribusi positive disekolah dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat diluar sekolah, alasan diatas lah yang membuat SMK Fatahillah mewajibkan siswa/i nya untuk wajib mengikuti salah satu ekstrakulikuler disamping ekstrakulikuler wajib, Pramuka.

Berikut lampiran dokumentasinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*