SYIRIK VS IRI

SYIRIK VS IRI

Assalamu’alaikum

Mungkin ada yang sudah tau tentang hal ini atau ada yang belum tau bahwa iri dan syirik merupakan dua kata yang memiliki makna sangat berbeda, namun akhir-akhir ini banyak orang yang salah dalam memaknai kedua kata tersebut. Lalu, apa perbedaannya? Langsung saja kita bahas perbedaan iri dan syirik.

 

  1. Iri

Iri adalah rasa sedih dan marah ketika orang lain memiliki kelebihan atau menerima nikmat. Sifat iri dapat membuat seseorang merasa kalau Allah tidak adil dalam memberikan nikmatNYA. Maka dari itu, kita harus membuang jauh-jauh sifat iri ini dari hati kita. Caranya adalah selalu mensyukuri apa yang kita miliki, kita juga harus yakin bahwa didalam diri kita terdapat suatu kelebihan yang belum tentu dimiliki orang lain. Kita juga harus meyakini bahwa Allah menciptakan para makhluknya dengan kelebihan masing-masing dan dengan seadil-adilnya.

 

  1. Syirik

Syirik hampir sama dengan musyrik, yaitu menyamakan Allah dengan apapun. Syirik adalah menyekutukan Allah dan merupakan dosa yang paling besar karena orang yang syirik tidak akan diampuni dosanya, seluruh amal baiknya didunia akan dihapus dan mereka kekal di dalam neraka. Maksud dari menyamakan Allah adalah menganggap suatu hal yang terjadi berasal dari sesuatu selain Allah, menanggap bahwa orang-orang yang membantunya berasal dari orang itu sendiri tanpa mengingat Allah lah yang menakdirkan itu, mempercayai ramalan dan zodiak juga termasuk dalam perbuatan syirik.

 

Bagaimana? Sudah jelas kan kalau iri dan syirik itu sangat berbeda? Jadi jangan sampai salah penempatan dan pemilihan kata lagi yaaaaaa.. Inshaa Allah bisa bermanfaat bagi yang membacanya, terimakasih.

 

Wassalamu’alaikum

 

 

Sumber: http://islamdanalam.blogspot.co.id/2013/05/syirik-dengan-iri-berbeda.htmliri vs syirik

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*