TIPS-TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

TIPS-TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Assalamualaikum wr.wb

images4images

Sehubung sebentar lagi UN untuk smk/sma akan di laksanakan ,disini saya akan memberikan beberapa tips saat melaksanakan UN dan persiapan sebelum menghadapi UN,yuk simak di bawah ini..

Berikut adalah Tips menghadapi UN……. ^_^

>yang pertama Niat dan Mental

Niatkanlah sekolah ini untuk mendulang ilmu yang bermanfaat. Sehingga Ujian Nasional tidak bisa kamu remehkan begitu saja dan bisa kamu anggap sebagai ajang evaluasi yang akan menunjukkan seberapa banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kamu serap selama ini dan sampai mana kemampuan mu dalam pelajaran mu.

yang paling penting saat ini kamu harus niat kan hati mu dengan sungguh sungguh dan kuatkan mental mu untuk menghadapi ujian . dan ingat !! tidak perlu takut dalam menghadapi UN
karena ujian itu untuk menuntut ilmu dan mengevaluasi kemampuan mu saja bukan nya menuntut ilmu untuk ujian,lagi pula memangnya UN sangat menyeram kan sampai membuat kalian takut,memangnya UN gigit ?? hehe…ngga kan :v

Bawa enjoy dan santai aja tidak usah terlalu tegang,takut atau apalah yang menyebabkan kamu nerves/gerogi yang akhir nya hanya membuyarkan fikiran mu dan jawaban yang sebenarnya kamu tahu ,tapi malah hilang semua kan ga lucu kalo kamu Cuma mandangin kertas ujiannya aja Cuma gara gara kamu lupa jawaban nya karena kamu terlalu tegang,gerogi,dan takut ketika menghadapi ujian.

>Yang ke 2 Buat Jadwal Belajar,

dan konsisten dengan Jadwal dan belajar dengan sungguh sungguh agar mendapat hasil yang baik ,karena usaha sama dengan hasil

Kalau kamu berusaha dengan keras dan rajin dalam belajar ,insya allah hasil nya pun akan baik jika kamu yakin dengan dirimu dan Allah . Yakin lah dengan kemampuan yang kamu punya ,jangan yakin dengan jawaban orang lain,kita kan ga tahu benar atau salah nya jawaban orang lain,tapi kalau kamu yakin dengan jawbanmu karena kamu pernah belajar dan membaca materi yang di ujikan sebelum ujian berlangsung percaya deh pasti benar… ya ngga ??

Buktikan saja kalau kamu tidak percaya ,kamu belajar dengan rajin dan sungguh sungguh dan kalau belajar bukan hanya membaca namun kamu juga harus bisa memahami materi yang kamu pelajari tersebut,baru kamu dapat menjawab soal soal dengan yakin dan sukses.. J

Ingat !!

Membaca, membuar rangkuman atau menghafal dan memahami materi yang di pelajari nya itu semua merupakan bagian dari belajar.
Tapi untuk sekarang, kamu perlu sesuatu yang lebih dari sekedar belajar.bila perlu kamu harus membuat jadwal belajar tapi kamu harus konsisten dengan jadwal yang sudah kamu jadwal sendiri agar kamu belajar ngga itu itu aja.

 

>Yang ke 3 Memahami SKL atau Kisi-kisi UN

Kenapa?? Karena agar kamu dapat mengerjakan ujian dengan jawaban yang yakin dan tidak ada keraguan sama sekali serta sukses dalam menjawab semua soal ujian nya

Ingat karena waktu kamu tidak banyak lagi dan ujian tinggal di depan mata. Kurang efektif rasanya kalau kamu harus membaca semua buku – buku tebal yang pernah dipelajari selama kamu sekolah dari semester awal pertama masuk ke sekolah,karena itu semua akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk membaca buku buku tersebut. Beruntung jika kamu dapat menghafal dengan cepat dan memahami buku buku tersebut,tapi bagi kamu yang tidak bisa bagaimana dalam menjawab UN nantinya??

Nah lebih baik saran saya kamu fahami saja SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut. Tapi hanya untuk belajar kamu cukup memahami nya saja bukan untuk kamu bawa saat ujian/untuk contekan,karena itu bukan hal yang baik..

>Yang ke 4 Perlu memperbanyak Berlatih Soal UN ,

Karena mulai sekarang kamu harus mulai terbiasa berkawan dengan soal-soal ujian. Kamu bisa download sebanyak-banyaknya soal dari internet. Atau kalau ingin lebih yakin lagi, kamu bisa beli buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN 2015.

>yang ke 5 Ikut dalam Sebuah Kelompok Belajar/membuat sebuah kelompok belajar

Sebenarnya hal ini tidak harus dilakukan. namun dengan cara belajar berkelompok bersama teman teman, dan biasanya beberapa dari kalian jika belajar bersama teman akan lebih menyenangkan dan akan lebih masuk ke otak karena kamu bisa saling berbagi dan memecahkan hal-hal yang sukar difahami bersama dengan teman-teman. Dan inilah solidaritas yang benar, bukan kerjasama dengan teman dalam berbagi contekan.ingat itu adalah hal yang tidak baik lagi pula itu adalah hal yang merugikan bagi diri kalian sendiri karena dengan mencontek secara tidak langsung akan membodohkan otak,dan akan membuat mu malas,dalam arti malas mencari solusi dalam memecahkan permasalahan dalam sebuah pelajaran,malas berusaha mencari materi untuk menjawab soal soal,malas dalam urusan belajar mau nya hanya yang instan/cepat dan hasil nya bagus,ga adil rasanya untuk diri kita sendiri jika seperti itu karena kita tidak dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan kita dalam belajar/dalam sebuah pelajaran,dan kita tidak akan maju bila terus menerus hanya bisa mencontek,karena apa sih untung nya mencontek?? Mencontek hanya dapat membodoh kan diri kita saja.

>Yang ke 6 Tinggalkan Hal Yang Kurang Bermanfaat

Mulai sekarang mau tidak mau kamu harus mulai mendaftar kebiasaan-kebiasaan kurang penting yang selama ini sering kamu lakukan. Cobalah untuk mengurangi porsinya, atau bahkan bila perlu tidak ada salahnya jika kamu mengambil resiko untuk meninggalkan nya ,sama sekali tidak melakukan,seperti bermain game,bermain di luar,keluyuran ga jelas,nonton sinetron dan nonton tv,main hp/gadget yang lainnya atau yang kegiatan lainnya yang sekira nya kurang penting untuk dilakukan saat ini menjelang UN.Lebih baik manfaat kan waktu mu saat ini untuk belajar demi mempersiapkan UN yang akan mendatang agar kamu lebih siap,dan yakin terhadap mental yang kamu punya dalam mengahdapi UN.

>Yang ke 7 carilah hiburan untuk menghilangkan stress selama belajar

Jika tadi kamu harus meninggal kan kebiasaan mu bermain,nah kali ini kamu di harus kan sesekali untuk bermain di dalam atau di luar ruangan hanya sebagai refresing saja atau sekedar jalan-jalan atau joging keliling komplek.Sesekali tidak ada salahnya kan jika kamu melakukan refresing karena akan menjadikan fikiran lebih fress dan siap untuk diajak tempur kembali.

>Yang ke 8 Jaga Kesehatan

Kamu perlu menjaga kesehatan karena untuk beberapa hari ke depan pasti kamu akan penuh dengan banyak kegiatan.Baik itu dengan rutinitas biasa, ataupun dengan rutinitas tambahan seperti bimbel, belajar kelompok atau sejenisnya.
Oleh karena itu, menjaga tubuh agar tetap fit merupakan sebuah keharusan.kapan pun dan dimana pun kamu harus menjaga kesehatan mu agar kamu dapat menjalani semua rutinitas kegiatan yang sudah kamu jadwal kan untuk kedepannya.

>Yang ke 9 memperbanyak berdo’a untuk diri Sendiri maupun Orang Lain

memperbanyaklah berdo’a agar kamu dimudahkan dalam mengahadapi soal soal UN.Dan jangn lupa kamu juga harus berdo’a untuk keberhasilan temen-teman yang lain ,Karena dengan seperti itu insyaAllah agar segala urusanmu juga dapat dipermudah oleh Alloh.

Tidak ada salah nya jika berbuat baik dengan mendoakan teman kita agar sukses juga dalam menghadapi UN karena jika kalian sukses dengan bersama sama akan lebih menyenangkan kan??

>Yang ke 10 Serahkan Semuanya Pada Alloh manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a. semua tinggal di serahkan kembali kepada Allah swt .karena semua ketetapan hanya ada ditangan Yang Maha Kuasa. Jika kamu sudah berusaha dan ikhtiar Maka bertawakalah dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan.Semua bisa dilakukan dengan sukses dan berhasil mendapatkan hasil yang baik jika usahanya pun baik Tidak ada yang tidak mungkin “man jadda wa jadda”berusahalah menjadi orang yang sukses dalam menjalani UN Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan kepada kalian yang sebentar lagi menghadapi UN . Semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat bagi kalian yang membacanya ,kurang dan lebih nya saya mohon maaf yang sebesar besar kekurangan itu datang nya dari saya sendiri dan kelebihan itu hanya pada Allah swt. Jangan lupa ucapkan bissmillah dan berdoa sebelum kamu menjawab semua soal soal ujian agar lebih tenang dan hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus teliti dalam menjawab soal soal ujian agar hasil nya juga dapat memuaskan kamu dan tidak mengecewakan

Serius lah dalam menghadapi UN kali ini jangan menganggap nya remeh ,hanya ujian biasa setelah semester habis,ini adalah salah satu kunci kesuksesan kamu dalam meraih cita cita dan mimpi !!

“BUATLAH PRESTASI DI MASA MUDA UNTUK KEBANGGAN DI MASA TUA MU!!”…

Wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*