UN 2017

UN 2017

Rabu, (30/11) Akhir-akhir ini ada kabar yang menghebohkan dunia pendidikan tanah air yang menjadi isu tersering dibahas para pelajar,  apalagi kalau bukan isu tentang dihapusnya UN 2017

Tentunya jika UN benar-benar akan dihapus maka ada pro dan kontranya. Seandainya memang UN 2017 akan dihapus lalu apa yang akan menjadi acuan kelulusan? Oke saya rasa itu sih bukan suatu masalah yang terlalu besar karena sekarang UN bukan lagi acuan kelulusan tapi bagaimana dengan cara pemerintah mengetahui tentang tingkat pendidikan standar pendidikan kita? Tentunya pemerintah perlu mereset ulang tentang keputusan ini.

un

Ujian Cuma ajang formalitas? Ada benarnya juga tentang hal ini tentunya karena dewasa sekarang banyak sekali pelajar dan pihak sekolah yang tidak jarang ikut melakukan kecurangan hanya demi nilai yang tinggi. Apalagi sekarang UN bukan lagi acuan untuk kelulusan, tentunya hal ini hanya dijadikan ajang formalitas untuk  pemerintah dan kita mengetahui standar pendidikan.

Mengenai pemberitaan ini pemerintah, Jokowi mengatakan bahwa akan ada dilakukan rapat terbatas terlebih dahulu untuk mengetahui standar-standar ujian nasional serta kualitas pendidikan di Indonesia agar tahu apakah UN masih diperlukan atau tidak.

Presiden Joko Widodo membenarkan pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang akan memberlakukan moratorium Ujian Nasional (UN). Tetapi, Jokowi mengatakan rencana itu masih harus dibahas dalam rapat terbatas.

” Memang dari Menteri Pendidikan menyampaikan itu, tapi tentu saja harus ada Ratasnya dulu. Harus ada Rapat Terbatas yang nantinya kita putusakan,” ujar Jokowi dikutip dari setkab.go.id, Senin, 28 November 2016.

Kesimpulannya untuk jadwal UN 2017 belum ada kebenaran pastinya masih menunggu pemberitahuan resmi dari pihak KEMDIKBUD dan Pemerintah. Apapun nantinya keputusan yang akan diputuskan oleh pemerintah maka itulah yang mungkin terbaik untuk dunia pendidikan tanah air.

 

sumber terkait:  dikutip dari setkab.go.id, Senin, 28 November 2016.

fatahillah.0r.id/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*