Breaking NewsOSISSMKTeknologi

HTML 6 ?

Baru-baru ini ada kabar bahwa akan segera dirilisnya HTML 6, yaitu versi terbaru dari HTML setelah sebelumnya telah dirilis terlebih dahulu HTML 5.

Html 5 sendiri menyediakan banyak fitur yang semakin mempermudah kita yang sangat menarik seperti audio dan dukungan video, penyimpanan offline/ Offline Storage dan yang paling penting kemampuan untuk membangun website yang bisa optimal di mobile. Selain itu, html5 memberikan kita kebebasan dalam menggunakan atribut  lalu bagaimana dengan HTML 6? Seperti yang kita tahu HTML 5 memang belum menjadi markup yang terlalu semantik dan bukan sesuatu yang sudah final, masih dalam tahap pengembangan. HTML6 adalah versi ke-6 dari HTML dengan namespace yang memiliki struktur seperti XML. Namespace XML akan membantu anda menggunakan tag yang sama tanpa bertentangan/berbenturan atau bisa dibilang tanpa konflik dengan tag lain.

Pernahkan anda bertanya-tanya apakah anda bisa mengekspresikan penggunaan tag yang lebih baik lagi? Jika belum maka bayangkan saja anda menggunakan tag <logo> </logo> untuk menetapkan logo pada halaman web anda, atau menggunakan tag <toolbar> </toolbar> dan sebagainya. Bukankah lebih baik jika bisa menggunakan tag <div> tanpa menggunakan beberapa ID seperti wrapper atau container, tapi langsung menggunakan tag <wrapper> atau <container> dibandingkan harus menggunakan <div id="wrapper"> atau <div id="container">. Itulah yang akan ada di HTML6.

HTML6 akan memberikan kita manfaat untuk menggunakan tag yang kita inginkan dan tidak perlu hanya menggunakan tag yang sudah didefinisikan.

Contoh Kode dan Struktur HTML6

<!DOCTYPE html>
<html:html>
<html:head>
<html:title>A Look Into HTML6</html:title>
<html:meta type=”title” value=”Page Title”>
<html:meta type=”description” value=”HTML example with namespaces”>
<html:link src=”css/mainfile.css” title=”Styles” type=”text/css”>
<html:link src=”js/mainfile.js” title=”Script” type=”text/javascript”>
</html:head>
<html:body>
<header>
<logo>
<html:media type=”image” src=”images/xyz.png”>
</logo>
<nav>
<html:a href=”/img1″>a1</a>
<html:a href=”/img2″>a2</a>
</nav>
</header>
<content>
<article>
<h1>Judul Artikel</h1>
<h2>Sub judul artikel</h2>
<p>[…]</p>
<p>[…]</p>
</article>
<article>
<h1>The concept of HTML6</h1>
<h2>Understanding the basics</h2>
<p>[…]</p>
</article>
</content>
<footer>
<copyright>This site is &copy; to fatahillah.or.id</copyright>
</footer>
</html:body>
</html:html>

HTML6 saat ini masih blum datang. Tapi ide tentang apa yang akan ditawarkan telah disediakan oleh Oscar Godson melalui HTML6Spec. Posting ini hanya membantu Anda memberikan gambaran tentang beberapa konsep dasar HTML6 versi Oscar Goodson.

 

sumber terkait:

http://www.tutorial-webdesign.com/pengenalan-html6-pengertian-struktur-dan-fitur-terbarunya/

https://www.script-tutorials.com/a-look-into-html6-what-is-it-and-what-it-has-to-offer/

 

Comments

comments

Comment here